Jenis Cacing Untuk Mancing Ikan Air Tawar

Pada kesempatan kali ini adminessen.com akan mengulas mengenai Jenis Umpan Cacing Untuk Mancing Ikan Air Tawar yang pada umum nya digunakan di indonesia untuk memancing ikan yang ada di air tawar.

Cacing merupakan kelompok hewan Mollusca yang berbentuk gilig bersegmen dan biasanya suka hidup ditanah yang lembab. Nah, untuk ada para pemancing ikan di air tawar cacing ini salah satu umpan alami yang sangat efektif digunakan untuk memancing ikan. Biasanya umpan media cacing digunakan saat memancing ikan Mujair, nila, nilem, tawes, dan ikan air tawar lainnya yang gemar menyambar umpan media cacing ini.

Berikut ini ada 4 Jenis Cacing Untuk Mancing Ikan Air Tawar yang paling umum di gunakan untuk dijadikan umpan, Simak ulasannya :

1. Cacing Merah

Seperti nama nya cacing ini berwarna merah darah, gerakan lincah sehingga sulit untuk ditancapkan pada kail. Cacing ini biasanya hidup di tumpukan sampah atau pelepah daun pisang, ukuran cacing merah ini dapat mencapai ukuran 10Cm panjangnya. Cacing merah ini sangat cocok untuk memancing ikan ukuran kecil seperti wader, lokas, kepras, nilem, dan mujair. Dan untuk ukuran kail yang biasanya dipakai nomor 1-5.

2. Cacing Kristal

Cacing Kristal ini biasa digunakan untuk pakan ikan louhan, biasanya sering dijual dalam kantong plastik. Cacing kristal ini biasanya banyak disukai oleh jenis ikan-ikan yang bersisik seperti wader, nilem, dsb. Selain itu jenis ikan rawa juga senang dengan umpan ini salah satunya ikan nila dan ikan lele. Cacing ini bisa tumbuh sampai 10-15cm dan tubuh berwarna merah-coklat gelap. Untuk ukuran kail yang di gunakan dapat disesuaikan dengan ukuran cacing yang akan digunakan, biasanya sekitar nomor 3-8.

3. Cacing Tanah

Cacing Tanah ini di daerah jawa kebanyakan orang sering disebut juga cacing uker, karena kebiasanya yang sering melengkung apabila di pegang. Cacing ini memiliki segmen-segmen yang jelas, warna hitam gelap sampai abu-abu, hidup ditanah membuat liang mempunyai diameter batang tubuh yang paling besar diantara cacing lainnya sehingga cocok untuk dijadikan umpan ikan-ikan besar seperti ikan jambal, lele, patin, dan gabus. Kail yang biasanya digunakan nomor 5-12. Dan yang terakhir

4. Cacing Fosfor

Cacing Fosfor ini adalah salah satu jenis cacing tanah yang masih satu keluarga dengan lumbricus, kenapa di sebut dengan cacing fosfor ? karena cacing ini banyak mengandung zat fosfor. Cacing ini juga yang paling banyak dicari oleh para pemancing air tawar karena seperti yang kalian ketahui hampir semua jenis ikan suka dengan cacing ini. Warna tubuh cacing fosfor ini merah kecoklatan serta ada kilauan warna dari fosfor yang ada dalam tubuhnya.

Cacing fosfor ini dari segi gerak emang paling lincah sehingga sampai 1jam ditancap di kalin dan dimasukkan ke dalam kolam cacing ini masih bergerak sehingga bisa menarik perhatian ikan untuk memangsanya. Selain untuk digunakan sebagai umpan mancing cacing ini juga banyak di budidaya kan untuk di jadikan bahan baku obat tradisional, untuk ukuran tubuh cacing ini bisa sampai 30cm. Kail yang digunakan bisa disesuaikan dengan ukuran besar kecilnya cacing ini.

Mancing Bukanlah Hobi Yang Mahal

Ingat !!! Selalu Jadi Pribadi Yang Low Profile Didunia Memancing, Karena Semakin Banyak Teman Maka Akan Semakin Banyak Juga Ilmu Yang Kita Dapat Pelajari Dari Mereka. ~ Jhony Pamungkas

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Yaaahh,, Copy Teruss Kapan Maju Nya Jika Copy Terus !!